SDN 1 Maluk Juara 1 Lomba lomba CUD se Kecamatan Maluk - BeneteNews

Informasi lokal yang mengglobal

Glider Content

header ads

SDN 1 Maluk Juara 1 Lomba lomba CUD se Kecamatan Maluk

Share This
Foto bersama kepsek SDN 01 Maluk A. Halim Spd.i (tengah) dan guru Pembimbing Khairullah Spd.
Zulliana Rohmani Spd, Supraptiwi Spd.
Maluk – SDN 1 Maluk, Kecamatan Maluk berhasil menjadi yang terbaik pada lomba pengelolaan sampah tingkat sekolah. Lomba yang dirangkekan dengan Clean Up Day (DUC) PT Amman Mineral Nusa Tenggara (AMNT) ini diikuti sekitar 10 sekolah se kacamatan Maluk. Pengumuman lomba ini sendiri silakukan di Kantor Camat Maluk, kemarin.

Lomba yang di selenggarakan oleh tim penilai Departemen Lingkung PT.AMNT dibagi dalam dua tahap. Tahap pertama pemberitahuan kepada sekolah dan tahap kedua tanpa perencanaan atau tidak pemberitahuan kepada sekolah. Proses penilain inipun berlangsung selama satu bulan penuh.

Bambang Supriadi sebagai Kordinator lomba mengatakan perlombaan tersebut berlangsung satu bulan. Adapun komponen penilain adalah kebijakan sekolah berwawasan lingkungan, Penerapan Kurikulum berbasis lingkungan, kegiatan lingkungan berbasis partisipasi dan pengelolaan sarana pendukung ramah lingkungan.

Dari seluruh peserta SD/SMP se Kecamatan Maluk SDN 1 Maluk keluar sebagai juara 1 sekaligus mereka berhak mendapatkan uang pembinaan sebesar 8 juta, di urutan ke dua SD IT Binaul Ummah Maluk mendapat uang pembinaan sebesar 7juta dan urutan ke tiga di raih oleh SDN Benete dan mendapat uang pembinaan sebesar 6 juta. "Kami ucapkan selamat kepada para pemenang lomba" katanya

Sementara itu A. Halim Spd.i Selaku kepala sekolah SDN 01 Maluk merasa bangga bisa menjadi Juara satu lomba pengelolaan sampah tingkat SD/SMP se Kecamatan Maluk. Menurutnya keberhasilan ini tidak lepas dari kerja sama seluruh komponen guru dan juga wali murid, ke depan prestasi yang diraih saat ini akan terus dipertahankan. Prestasi ini akan kita pertahannya. "Saya ucapkan terimah kasih kepada seluruh yang sudah mendukung khususnya pada guru pembimbing lomba bapak Khairullah S.Pd, Ibu Zulliana Rohmani S.Pd, Ibu Supraptiwi S.Pd" katanya.

Khairullah S.Pd Guru pembimbing mengaku tidak ada persiapan khusus yang dilakuan untuk mengikuti lomba tersebut. Sebaliknya, kebersihan sekolah sudah menjadi rutinitas sehari-hari, yang dilakukan peserta didik disekolah tersebut. Seperti pembuatan bak sampah dari bahan baku bambu yang dianggap ramah lingkungan, pembuatan apotik hidup, dan pemanfaatan pekarangan di depan kelas untuk menanam sayuran.

Selain itu SDN 01 Maluk memanfaatkan barang bekas seperti botol minuman untuk di buat kerajinan oleh siswa "Kami juga bekerja sama dengan Bank Sampah Lakmus untuk membuat kerajinan" Uangkapnya

Untuk di ketahui SDN 01 Maluk juga pernah mewakili KSB untuk lomba tingkat provinsi di tahun 2014 lalu. Karenanya, prestasi yang di raih saat ini tentu saja akan meningkatkan motivasi dan semangat sekolah untuk terus menjadi yang terbaik (cr-li/*)


Sumber : Baca Edisi Cetak di Radar Sumbawa Selasa 28 November 2016

Pages